Pemasaran Buku

 Materi  ke.      : 19

Moderator      :  Raliyanti
Nara sumber  :  Agus Subardana, S.E., M.M
Tema.                : Pemasaran Buku


Berbicara tentang Pemasaran buku, itulah mungkin yang menjadi keresahan dan tanda tanya yang muncul dalam benak penulis pemula, setelah berhasil menerbitkan buku kemana kelak buku itu akan bermuara ? Cukup menjadi konsumsi pribadi kah ? Diberikan kepada kawan-kawan  dan lembaga sebagai amal jariah ? Atau kita tawarkan dan distribusikan kepada beberapa komunitas agar mereka berminat untuk membeli ? Nah jawaban terakhir ini tidak dinafikan menjadi salah satu tujuan dan harapan saya jika kelak sukses terbitkan buku solo, ya selain dua point' yaitu mewakafkan sebagai amal jariah dan menjadi konsumsi pribadi tentunya, bagaimanapun juga dalam angan saya terbersit bahwa buku yang saya terbitkan layak jual. Lantas pertanyaan selnjutnya, kemana, kepada siapa dan bagaimna distribusikan ?

Jujur saya akui bahwa saya hanya punya sedikit gambaran tentang pasar atau sasaran pemasaran buku, maklum karna pergaulan saya selaku ibu rumah tangga yang berkutat dalam Dunia domestik memiliki keterbatasan interaksi publik, sehingga menjadi kendala dalam mengambil langkah selanjutnya. 

Nah beberapa pertanyaan, keresahan dan pengharapan saya di atas akan terjawab  oleh narasumber pada tema Materi malam ini. Kami kembali dipandu oleh Ibu Raliyanti Moderator cantik, cerdas, ramah dan bersahabat membersamai bapak Agus Subardana, S.E., M. M. Selaku Narasumber Pada materi Malam ini, Beliau adalah seorang Director of Marketing Andi Publisher. Beliau bekerja di Penerbit ANDI Yogyakarta, sejak awal tahun 1999 sampai dengan sekarang menggeluti bidang pemasaran. Lulus S1 dan S2 mengambil jurusan manajemen Pemasaran, sering menjadi Modertor Event webinar. Sesuai dengan profesi dan Passion Narasumber maka malam ini belai akan berbagi tips dan informasi tentang  Setrategi Pemasaran Buku.

Setelah penulis sukses menerbitkan buku, perlu difahami juga tentang Setrategi pemasaran buku.  

Setrategi pemasaran penjualan buku dipengaruhi banyak aspek  kenapa demikian ? Hal ini dilihat dari jenis-jenis buku yang diterbitkan.

Jenis jenis buku yang diterbitkan dikelompokkan menurut kategorinya, seperti contoh penerbit AndiOffset mengelompokkan buku kedalam 32 kategori produk buku.

 Buku fiksi, buku anak, buku pertanian, buku fisika, novel, buku motivasi, buku pengembangan diri, buku tex dll.

Strategi pemasaran buku dipengaruhi oleh dua faktor.

Faktor pertama faktor mikro:yaitu perantara, pemasok, pesaing dan mayarakat.

Faktor makro yaitu demografi, ekonomi . politik dan hukum .teknologi dan fisika. Sosial dan budaya.

Saat ini dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 10.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.

Mulai dari bukan Maret 2020 pandemi covid 19 mewabah Indonesia pandemi tersebut berdampak pada berbagai sektor, diantarnya sektor ekonomi, pendidikan, pertanian,  tak terkecuali sektor usaha mikro seperti UMKM, pandemi tersebut juga berdampak  pada bidang usaha pernerbitan dan pemasaran buku.

Dampak yang dialami sebagai pelaku usaha Penerbitan Buku yaitu

1. Jaringan toko buku tutup 

2. Pengunjung toko drastis berkurang . 

3. Penurunan omset buku.

4. Pelaku usaha penerbit buku mengurangi jumlah buku yg terbit

5. Penerbit banyak yg gulung tikar

6. Penerbit yang direkseling menjadi tidak maksimal karena adanya prokes

7. Konsumen dan pelanggan  mengurangi anggaran pembelian buku karna Anggaran dialokasikan pada penangana covid.

Untuk mempertahankan industri penerbitan buku agar tetap hidup dan mencapai hasil yang maksimal selma pandemi, maka perlu strategi pemasaran. Strategi pemasaran buku di siasati dengan menggunakan dua strategi yaitu 

1. Strategi Pemasaran buku serangan udara (On Line )

2. Strategi Pemasaran buku melalui serangan darat ( Of line)

Strategi pemasaran buku serangan udara.

Pentingnya transformasi digital. Dengan situasi pandemi begini maka sistem digital marketing sangat penting. 

Efektifitas dan Manfaat digital marketing 

1. Biaya lebih murah

2. Daya jangkau luas dalam dan luar Negri.

3. Komunikasi dengan konsumen lebih mudah dan cepat. 

4. Mudah menentukan target pasar .  . 5. Memudahkan proses promosi.

6. Membantu peningkatan penjualan, 

7. Sebagai evaluasi untuk pengembangan lebih baik.

Strategi pemasaran serangan udara ( pemasaran buku melalui online ) dilakukan dengan cara: 

a. Melalui websat dan Marketplace

Webset tersebut diisi dengan banyak informasi prodak, harga, promosi,  layanan, kualitas dan kuantitas serta berbagai informasi lainnya, hal ini merupakan identitas perusahaan dan penerbitan buku yang dijalani , 

Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :

- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial 

- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.

- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

- Menaikan penjualan dan profit 

- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing 

- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan 

- Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.

b. Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita. Pemasaran buku memalui komunitas tersebut bisa menggunakan media seperti webiner, zoom meet, audio dan Vidio.

3. Pemasaran buku melalui Media Sosial. media online atau jejaring sosial yang dapat kita gunakan untuk promosi dan penjualan buku yaitu melalui telepon, Wa, SMS, Email,  FB, twiter, Instagram, blog dll.

2. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).

Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial, mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga. Menjaga kestabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu, menaikan penjualan dan profit, membandingkan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing, membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan, mengubah tingkah laku, persepsi dan pendapat konsumen.

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

a. Toko Buku

Penerbit Buku  seperti penerbit Andi yang mampu memproduksi dan mempunyai mesin percetakan sendiri, menjadi penerbit sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional. 

Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi  yang berbeda.

Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan Toga Mas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem sentralisasi dan sebagainya.

Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dengan mengunakan sistem administasi penjualan per toko. Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .

Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :

*Menguasai display buku, supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol.

*Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di  X Banner. 

*Mengadakan Bedah Buku, Talkshow dan potongan Harga pada buku periode tertentu. 

*Mengadakan event tematik sesuai moment 

Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan. Kuncinya harus proaktif dalam berkomunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.

b.   Directselling

Pemasaran Buku melalui Direkselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan. Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

*Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK). 

*Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah. 

*Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales).

Tugas Tenaga Penjual tersebut diberi tanggungjawab target sesuai maping areanya masing - masing yaitu : 

*Kunjungan langsung ke tiap sekolah. 

*Kunjungan langsung ke setiap kampus. 

*Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpustakaan Kampus, Perpustakaan Daerah dll.

Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampak hasil penjualan buku dapat meningkat.

c. Melakukan event - event

Aktif dalam melakukan event-event  seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.

Pemaparan materi di atas terangkum dalam 4 point' penting setrategi pemasaran buku yaitu:

1. Place : Tempat yang strategis.

2. Price : Harga yang kompetitif.

3. Produce : mutu produksi.

Promoct : kecepatan dan ketepatan promosi

Demikian materi yang luarbiasa malam ini telah disampikan oleh Narasumber, semoga  dapat memberikan pencerahan dan solusi bagi kita pemula dalam menentukan langkah dan setrategi pemasaran buku.

 "Jika kita “tidak mudah menyerah”, maka kita sudah dekat sekali dengan kesuksesan. Karena di dunia ini, ada dua orang yang susah sekali dikalahkan: yaitu orang yang sabar; dan orang yang tidak mudah menyerah. Tere Liye "

Yuk semangat Tetap bersabar dan pantang menyerah demi tercapainya kesuksesan menjadi penulis handal.

Resume malam ini ditulis dengan banyak kekurangan dan keterbatasan, maka penulis ucapkan Mohon maaf dan termkasih.

Salam literasi Ovi Bloger Ciomas ( Arofiah Afifi )

Komentar

  1. Waw....akunyanh sedang tertatih langsung berasa insecure...mantap, bikin oleng diriku Bu Ovi....keren banget.

    BalasHapus
  2. Ayooo segera terbitkan buku solonya, InsyaAllah buku akan menemukan takdirnya

    BalasHapus
  3. Mantepp... Kita hanya menulis dan biarkan tulisan kita yang menemukan takdirnya. Semangat bun...

    BalasHapus
  4. Siap² buka jaringan untuk pemasaran buku solo.

    Salam Literasi

    BalasHapus
  5. Semangat, sabar dan pantang menyerah terimakasih motivasinya bunda Ovi💪

    BalasHapus
  6. Pertanyaan sama dengan bunda karena hanya seputar rumah dan sekolah

    BalasHapus
  7. Top bgt resumenya Bu Sekjen,tetap semangat Bunda

    BalasHapus
  8. Ayooo... Segera terbitkan buku solonya.. Bunda sekjen... Succes ya bu.

    BalasHapus
  9. Semangat... Semoga bukunya segera terbit

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Membuatku Naik Kelas dan Berprestasi

Selamat Jalan Eril ( Sang Calon Pemimpin Masa Depan itu lebih dulu pulang )

Mengelola Majalah Sekolah