Dibalik Pria Yang Sukses Terdapat Keluarga yang Hebat

 Penulis: Arofiah Afifi 

Nama pena : Mawar Sofia.

 Peserta Kelas belajar menulis gelombang 24. Dengan motto Yakin Usaha Sampai. 

keluarga omjay

Link om jay : https://wijayalabs.com


Pada episode kali ini saya ingin menulis tentang seorang Tokoh Fenomenal, sebenarnya keinginan ini telah lama terbersit namun belum bersua dengan momen yang tepat, mungkin kali ini saatnya.

Saya mengenal Sosok Om Jay yang bernama lengkap Bapak Wijaya Kusumah, tokoh utama dalam Dunia literasi Kelas Belajar menulis PGRi, di mana saya menimba ilmu, lebih tepatnya berselancar di lautan literasi. Kenapa saya katakan berselancar dilautan literasi ? Karena demikian lah sensasi yang saya rasakan dalam tiga bulan terakhir ini, dalam menggeluti malam dan siang Dunia menulis, ada kalanya gelombng yang saya rasakan begitu bersahabat, tenang damai tiada hambatan menulis sampai satu naskah terselesaikan dengan baik, namun adakalanya sebuah gelombang menghantam, menyeret saya pada ombak yang mana saya harus tertatih menerima tantangan berenang menahan keseimbangan, agar semangat literasi saya tak tenggelam,  hingga gelombng dapat diatasi meski  dengan cara dan hasil yang kurang maksimal, namun tetap memberikan kepuasan, setidaknya gelombng serangan literasi mampu saya  lalui, urusan tulisan sempurna atau tidak biarkan waktu yang menjawabnya . 

Nah siapakah yang memberikan andil peranan penting dalam lautan literasi saya  ? Tentu saja Om Jay. 

Loh kok om Jay sih ?  Ya tentu saja saya tidak penafikan peranan penting tangan-tangan ajaib narasumber dan ajakan seseorang yang menarik saya ke dunia Literasi ini, namun kita fahami atas gagasan Om Jay lah Kelas menulis PGRI ini ada di mana saya belajar di dalamnya.

Saya sedikit menyimak serta memperhatikan betapa setiap jiwa tokoh literasi ternama dalam kelas BM ini pasti mendapatkan sentuhan berarti dari Tokoh Fenomenal Om Jay ini, ok kita lihat satu contoh Bu Aam Nurhasanah  begitu menjadikan Om Jay sebagai tokoh teladan, demikian juga pak Dail Ma'ruf, Pak Brian yang kini berdedikasi sebagai admin Kelas menulis dan  kita tahu melalui tangan hangat Om Jay lah terlahir banyak tokoh Literasi ternama di kencah Literasi Nusantara. Tidak terkecuali pun kami, para peserta gelombng 23. 24. 

Dalam beberapa diskusi via japri saya dengan kawan-kawan peserta, kami kadang bergosip tentang Om Jay dan betapa kami berterimakasih kepada beliau meski tak terucap . Ups ketahuan ya om Jay kadang jadi bahan gosipan ups ups maaf hehe.

Lah lantas pertanyaannya, apa hubungannya kisah om Jay dengan flayer yang Menjadi latar tema dan Judul tulisan ini ? 

Nah inilah yang menjadi pertanyaan tersirat di dalam benak. Sosok macam apa sih om Jay ini ? Kenapa beliau bisa menjadi seorang tokoh teladan banyak orang ? Dengan penampilan seorang guru yang sederhana dan bersahaja tanpa kemewahan penampilan seperti kebanyakan tokoh fenomenal pada umumnya.

Sesungguhnya Tidak banyak yang saya tahu tentang beliau, namun melalui aktivitas yang sering saya baca pada tiap tulisannya menyiratkan banyak kepribadian yang baik dan unik. Oh sok tahu nih Ovi. 

Loh... Sesungguhnya kepribadian, akhlak ,kebijaksanaan, karakter, itu bisa dibaca, bisa dilihat dari aktivitas sehari-hari.

Baik kita bahas satu persatu point' yang mengantarkan ketohohan dan kesuksesan Om Jay .

1. Om Jay sebagai Tokoh tuntunan bukan tontonan. Kita sudah mafhum dan melihat bukti dari gelombng 1- gelombng 22 terlahir lebih dari 100 anak idiologis om Jay lahir dari rahim literasi. Berlandaskan keteladan om Jay .

2. Om Jay selalu mengatakan Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. 

Dalam sebuah komentar  pencerahan belaiu kepada saya pada satu  diskusi singkat wag BM 24 om Jay mengatakan," mengajilah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi"  Saya menarik kesimpulan dan saya yakin bahwa simpulan saya benar bahwa om Jay merupakan seorang yang konsisten dalam beragama, beliau adalah tokoh yang memiliki kematangan spiritualitas,  " mengajilah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi, solat lah Setiap hari dan buktikan apa yang terjadi, bersabarlah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi, bersyukurlah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. 

Kenapa saya meyakini bahwa Om Jay adalah seorang yang memiliki kematangan Spiritual ?. Padahal berbicara tentang spiritualitas dalam artian beragama, keimanan seorang tiada yang bisa memastikan kecuali Allah saja yang tahu.

Tepat. Hanya Allah yang tahu kadar keimanan seseorang. Menurut logika saya, inerbeauty ( aura sepirit yang terpancar ) tak akan pernah bisa terpancar.dengan sendirinya tanpa andil kekuasaan Allah, dan orang yang Allah beri keistimewaan ini bukan orang yang sembarangan, tentu saja orang yang secara spiritual matang. Dengan spiritualitas yang matang ini menghantarkan Om Jay pada pribadi yang matang pula, tenang, berwibawa dan membawa kesuksesan.

3. Point selanjutnya adalah  Tiga tokoh utama 

Terbersit Pertanyaan selanjutnya dalam benak saya, siapa orang-orang yang berada dibalik kesuksesan Om Jay ? 

Telah mafhum kita semua dengan sebuah ungkapan  "Dibalik Pria yang sukses terdapat wanita yang hebat" saya sepakat bahwa pernyataan di atas adalah benar, namun saya lebih sepakat bahwa " dibalik pria yang sukses terdapat keluarga yang Hebat"  keluarga yang saya maksudkan adalah istri, anak-anak, dan juga orang tua. 

Peranan istri sebagai pendamping dan penyempurna suami, tentu dalam hal ini adalah penyempurna om Jay, tentu saja sang istri banyak mengambil peranan penting dalam suka dan duka om Jay, sebagai penyokong dan pendorong  perjalan hidup, penguat dan pengikat  rumah tangga dan semua jejak langkah om jay. Sehingga berbuah indah. Maka tak heran jika Rosul menyatakan dalam sebuah hadistnya bahwa  istri Solehah adalah perhiasan terindah, dan saya yakin suasana keluarga om Jay menciptakan hal demikian. Yaitu sebuah keindahan hidup keluarga. Baiti Jannati.

Akhirnya saya penasaran dengan Tokoh sang istri Om Jay, seorang bunda dengan tangan lembut luarbiasa. 

Peranan Anak.anak. Di atas terdapat flayer menampilkan om Jay bersama keluarga, istri dan dua anak perempuan yang cantik.

Semua anak pada fitrahnya diberi kecerdasan oleh Allah. dalam pandangan Islam, anak adalah Qurrota a'yun (penyejuk hati). Lebih dalam lagi peranan anak menjadi pancaran sinar bagi orang tuanya. Qurrotu a'yun, ( penyejuk pandangan mata) karena mereka mudah untuk diarahkan kepada jalan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

In sya Allah saya percaya dengan spiritual yang matang dan peranan istri sebagai penyempurna, om Jay bersama istri berhasil mempertahankan fitrah anak-anak sebagai penyejuk, meskipun pasti ujian akan datang bertubi.  

Sebelum Om Jay berhasil menjadi teladan serta  tuntunan bagi banyak orang, tentu saja ia pasti telah menjadi tuntunan dan teladan bagi istri dan anak-anak nya. Logikanya tidak mungkin dong om Jay sebagai mercusuar yang berdiri kokoh menyinari lautan sementara didalam mercusuar tersebut sepi, lembab dan tanpa kehidupan, atau seperti lilin yang menerangi sekitar namun diri sendiri habis terbakar. 

Gambaran keluarga om Jay tersurat dalam sosoknya yang karismatik, wibawa dan bijaksana serta kebapakan. 

Peranan istri, peranan anak-anak dan terakhir adalah peran utama yang menghantarkan tokoh Om Jay adalah peran orang tua. Bagi imajinasi saya meski tidak tergambar seperti apa ibu dan ayah om Jay namun mereka telah menjadi orang tua yang memberikan peranan penting bagi kehidupan om Jay Sang ibu adalah melati pertama yang tumbuh di taman hati om Jay,  dan istri adalah melati kedua serta anak-anak adalah melati menyempurna taman hati. Sungguh miniatur baiti Jannati 

Pun demikian dengan ayah. Seperti halnya om Jay adalah seorang ayah teladan bagi keluarganya, saya yakin om Jay mengambil teladan pula pada ayahnya.

Ah Ovi kok banyak berspekulasi dan berekspektasi ya ?  Tentu saja Apa yang saya gambarkan adalah sesuai sunatullah demikian adanya. Tentu saja saya tidak mengarang sembarangan, kalo tidak percaya cobalah Kulik dan kuak rahasia dibalik sukses tokoh ternama. Latar belakang keluarga dan spiritualitas Menajdi dasar awal sebuah kesuksesan seseorang .

Nah akhirnya meski ingin lebih panjang tulisan ini saya rangakai namun saya ingin melanjutkan tulisan dengan fakta dan data pada episode berikutnya jika Allah perkenankan saya bersua dengan keluarga istimewa Om Jay. Akhir kata saya ucapkan selamat hari pernikahan Om Jay dan bunda Siti Rokayah yang ke 24 semoga Pernikahan Om Jay Abadi sampai ke Surga .

Salam takjim Arofiah Afifi.  



Komentar

  1. Sepakat bahwa OmJay adalah sosok yang sabar dan ikhlas dalam mencari ridho Allah. Barakallah. Mantap Bu. Bismillah menemani.

    BalasHapus
  2. Om jay ibaratkan sebuah rumah yang berjuta keindahan didalamnya, keindahan silaturahmi dengan orang yang tidak di kenal, keindahan ilmu yang komprehensif dan keindahan persatuan dan kesatuan yang luar biasa

    BalasHapus
  3. Semoga menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah

    BalasHapus
  4. Setuju.. Beliau tokoh bloger yg hebat lan tak pernah lelah membing kita... Terbukti sampai pertemuan ke 25

    BalasHapus
  5. Benar sekali Bunda Ovi,Om Jay selalu menjadi teladan bagi kita ,beliau adalah pahlawan PGRI dan literasi,semoga keluarga Om Jay tetap Sakinah ,Mawadah dan Warohmah,AamiinYRA

    BalasHapus
  6. Om Jay memang luar biasa menjadi sumber inspirasi dan teladan utk kita semua 👍isi ceritanya bagus sekali dan yg nulis juga luar biasa Bun ovi

    BalasHapus
  7. Speechless saya....sebuah pengakuan yang jujur, sebuah tulisan yang mampu mengalir deras dan seolah menemukan muaranya yang hangat....selamat Bu Ovi. Teriring salam takzim untuk Om Jay.

    BalasHapus
  8. Hebat, keren semangat👍👍, aku terhanyut dalam gelombang dan tdk bs berenang mengarungi lautan literasi, semua krn tgs dan keg.yg seabrek d bln ini😭

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah tetap SAMAWA guru Literasiku. Om jay memang orang hebat

    BalasHapus
  10. Luar biasa, subhanallah 👍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Membuatku Naik Kelas dan Berprestasi

Selamat Jalan Eril ( Sang Calon Pemimpin Masa Depan itu lebih dulu pulang )

Mengelola Majalah Sekolah