Gairah Menulis Puisi



"Dalam terang-Mu aku belajar mencintai.  Dalam keindahan-Mu aku belajar menulis puisi. Kau senantiasa menari dalam hatiku. meski tiada seorang yang melihat-Mu, dan terkadang aku pun ikut menari bersama-Mu. Dan, sungguh, Penglihatan Agung inilah yang menjadi inti dari seniku. Jalaludin Rumi.

Berbicara tentang Puisi, meski saya tidak mampu berpusi atau membuat puisi, namun saya adalah penikmat puisi,  Cieee ..

Salah satu puisi-puisi yang saya sukai seperti syair puisi  sang sufi  Jalaludin Rumi, dalam Fihi ma Fihi  dan Semsta mastnawi.   

 Atau Puisi sang legendaris Kahlil Gibran yang fenomenal dengan Sayap-sayap patah dan sang Nabi. 

Sesungguhnya puisi kedua tokoh di atas menurut saya sastara yang sangat rumit untuk difahami, namun disitulah istimewanya, seorang pembaca puisi seolah diasah menjadi cerdas dan peka akan tafsir tersirat sebuah puisi. 

Puisi bisa menjadi begitu indah dan masuk merasuk dalam jiwa saya sebagai pecinta, namun tak jarang puisi tak jua saya fahami maknanya. Yah begitulah puisi .

Daripada saya bingung dengan puisi akan lebih baik saya belajar memahami lebih dalam lagi apa sih Puisi, karna sangat diragukan se orang yang mengaku cinta puisi namun dia malah tak faham akan apa devinisi dari puisi itu sendiri. Dan bahkan menulis puisi pun tidak bisa, iya kaya saya hahaha... 

Aah itu sungguh menciderai para pecinta puisi.

Nah adalah pucuk dicinta ulampun tiba, malam ini sepertinya nasib baik mamang memihak saya, karena malam ini saya diperkanankan mendapatkan sebuah ilmu yang sangat berharga , bak mendapat berlian tiada terkira, kenapa demikian ya ? 

Iya karna malam ini BM gelombng 25.26 menghadirkan pemateri yang akan berbicara tentang puisi dengan judul materi 

" Gairah Menulis Puisi"

Narasumber cantik, berprestasi dan tentunya smart  serta hebat Ibu  Dra E. Nurhasanah, M.Pd.

Tak kenal maka tak sayang , maka yuk kita kenalan dulu. Cekidot .....

Profile Narasumber




 Pengertian puisi menurut para ahli.

H.B Jassin

menurut beliau puisi adalah suatu karya sastra yang diucapkan dengan perasaan dan memiliki gagasan atau pikiran serta tanggapan terhadap suatu hal atau kejadian tertentu.

Hudson

Pengertian puisi menurut ahli Hudson adalah suatu cabang dalam sastra yang menggunakan kata-kata dalam penyampaiannya untuk memghasilkan ilusi dan imajinasi

Hal tersebut sama halnya dengan lukisan yang menggambarkan garis serta warna dalam penggambaran gagasan dari sang pelukis. 

Hermawan Waluyo

ermawan Waluyo menyebut puisi sebagai karya tulis pertama yang dibuat oleh umat manusia dalam sejarah. Puisi merupakan sebuah karya sastra yang mengungkapkan pikiran, emosi serta perasaan penyair secara imajinatif.

 Najid

Pengertian puisi menurut ahli bernama Najid adalah bentuk karya sastra imajinatif dengan mengutamakan unsur fiksionalitas, nilai dari sebuah seni serta rekayasa bahasa.

Shahnon Ahmad

Shanon Ahmad mendefinisikan puisi sebagai unsur berupa imajinasi, emosi, ide, pemikiran, nada, irama, rima, susunan kata, kesan panca indra, kiasan serta perasaan yang bercampur baur.

Menurut KBBI

 1 ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait; 

2 gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus; 

3 sajak;
-- bebas puisi yang tidak terikat oleh rima dan matra, dan tidak terikat oleh jumlah larik dalam setiap bait, jumlah suku kata dalam setiap larik;
-- berpola puisi yang mencakupi jenis sajak yang susunan lariknya berupa bentuk geometris, seperti belah ketupat, jajaran genjang, bulat telur, tanda tanya, tanda seru, ataupun bentuk lain;
-- dramatik  puisi yang memiliki persyaratan dramatik yang menekankan tikaian emosional atau situasi yang tegang;
-- lama puisi yang belum dipengaruhi oleh puisi Barat, seperti pantun, gurindam, syair, mantra, dan bidal;

struktur fisik puisi:

1.     Bentuk, berupa baris dan bait.

2.     Diksi, pemilihan kata

3.     Majas, bahasa kias untik mengungkapkan isi hati penyair

4.     Rima, persamaan bunyi di baris/akhir baris untuk memunculkan keindahan bunyi.

Jenis Puisi.

Puisi Lama 

Mantra

Contoh puisi mantra

Geleng-geleng sigale-gale Maluku kepada padi air susu asal mau jadi aku siapa tidak berbunyi.

Pantun

Contoh pantun kalau ada umur dilan kalau ada sumur diladang boleh kita menumpang mandi kalau ada umur yang panjang boleh kita berjumpa lagi.

Gurindam

Gurindam adalah puisi lama dengan ciri-ciri bait terdiri daripada dua baris serta bersajak a-a-a-a seperti contoh

Pikir dahulu sebelum berkata 

supaya terelak saya langsung kita

Kurang pikir kurang siasat tentu dirimu kelak terasat.


Puisi syair

 CONTOH SYAIR

Belajar haruslah semangat

Rajin tekun serta giat

Agar ilmu mudah didapat

Masa depan semakin dekat

Ilmu didapat tiada cepat

Mesti sabar hatinya kuat

Moga Tuhan berikan rahmat

Maka jaga hati serta niat

CONTOH TALIBUN

Di kala hujan turun di telaga

Menarilah semua  katak bersama-sama

Di dalam air yang mengalir di tempat

Jika hendak hidup sempurna

Perbanyaklah amal untuk sesama

Tinggalakan semua segala perbuatan maksiat

Puisi modern contohnya puisi naratif Puisi lirik puisi deskriptif puisi modern biasa disebut puisi bebas karena tidak terkait oleh rima jumlah baris dan lain sebagainya

Puisi Moderen .

aku ingin mencintaimu dengan sederhana; dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu

aku ingin mencintaimu dengan sederhana           ;dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

Sapardi Djoko Damono

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Membuatku Naik Kelas dan Berprestasi

Selamat Jalan Eril ( Sang Calon Pemimpin Masa Depan itu lebih dulu pulang )

Mengelola Majalah Sekolah