POIN BUKU PADA KENAIKAN PANGKAT PNS


Materi Ke 24. 
Moderator  Mr Bams
Narasumber   Bapak Imron Rosidi
Tema : POIN BUKU PADA KENAIKAN PANGKAT PNS





Kemampuan menulis sendiri merupakan faktor yang sangat penting dalam proses menyusun sebuah buku apa pun. Tanpa kemampuan tersebut seorang guru pastinya tak akan mampu membuat buku yang baik. Berbahagialah bagi PNS yang berada di BM asuhannya Omjay, kesempatan naik pangkat terbuka lebar. 
Meski saya bukan seorang PNS, dan tidak pernah naik pangkat he,,he,,,, ( tidak akan pernah naik pangkat secara akademik ) namun kebahagiaan tetap menyelimuti diri, karna malam ini ada sebuah kabar baik bahwa menerbitkan buku bisa menambah point' akredit guru untuk naik pangkat, tentu saja Ilmu yang berharga  ini akan saya sampaikan pada sahabat-sahabat  saya yang notabane adalah guru. Apa sih ilmu yang berharga pada malam ini ? 
Kelas BM 23.24 kali ini akan berbicara tentang * Point' Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS. Sungguh materi yang sangat luar biasa.

Malam ini pertemuan ke 24 dengan moderator Pak Bams dan Narasumber yang membersamai kami para peserta bapak Dr Imron Rosidi Beliau saat ini sebagai kepala SMA 1 Bangil, dan bagian dari tim penilai pangkat guru pusat dari golongan IV C D E dan juga sebagai ketua tim penilai Propinsi jawa Timur. akan membahas tuntas tentang cara mendapatkan poin buku pada kenaikan pangkat PNS, Sekaligus  membagikan ilmu bagaimana cara menyusun buku yang berasal dari penelitian. 

Untuk kenaikan pangkat bagi PNS ada istilah Pengembanagan Kepropesian Berkelanjutan (PKB), ynag terdiri atas
  1. Pengembangan diri
  • Buku hasil penelitaian
  • Buku pelajaran
  • Buku pengayaan
  • Buku pedoman guru
     2. Publikasi Ilmiah
Yaitu mengubah laporan penelitian dalam bentuk buku, Contoh : 
  • Buku pelajaran berISBN lengkap.
  •  Buku pengayaan contoh Modul atau diklat, buku pendidikan  karya terjemahan .
  •  Buku pedoman guru
 
    3. Karya Inopatif
  • Buku Kumpulan Puisi
  • Buku kumpulan cerpen
  • Buku Novel




PENGEMBANGAN DIRI TERDIRI DARI DUA JENIS

A. Publikasi ilmah
  1. Presentasi di forum ilmiah
  2. Laporan hasi penelitian (TPK0
  3. Tinjauan Ilmiah
  4. Tulissan Ilmiah Populer
  5. Artikel Ilmiah
  6. Buku pelajaran
  7. Modul/diklat
  8. Buku dalam bidang pendidikna
  9. Karya terjemahan
  10. Buku pedoman guru 


B. karya inopatif terdiri dari 
  1. Melakukan tekhnologi tepat guna
  2. membuat atau memodifikasi alat pelajaran/ peraga / praktikum
  3. Mengikuti pengembangan penyusunnan standar, pedoman soal, dan sejenisnya pada tingkat nasional
  4. Menemukan atau menciptakan karya seni


Pengembangan diri  bisa dilakukan melalui  MGMP atau KKG, juga melalui diklat fungsional yang diadakan oleh lembaga diklat resmi perguruan tinggi dinas pendidikan dan juga  lembaga profesi guru.
PKB berupa pengembangan diri itu diwajibkan untuk seluruh golongan mulai dari 3a ke 3d sampai dengan 4d ke 4e, tetapi untuk karya inopatif itu kegolongan 4a maksimmal 50 %, tapi untuk golongan 3 itu bebas.

Buku hasil penelitian adalah mengubah laporan penelitian dalam bentuk buku, buku pelajaran yang bisa di nilai adalah buku pelajaran yang berISBN lengkap seperti contoh seluruh kelas dari kelas 4 sampai kelas 6, atau dari kelas 7 sampai kelas 9, atau kalo jenjang SMA dari kelaas 10 sampai kelas 12.

Sedangkan modul atau diklat buku pendidikan dan karya terjemahan masuk dalam pengayaan, karya terjemahan nilainya satu, sedangkan buku pedoman guru nilainya 1,5, dan maksimal hanya boleh satu pedoman guru setiap kenaikan pangkat. Semua guru boleh mengajuan karya seni tidak mesti guru dibidang mata pelajaran  tertentu, jadi mau guru fisika, kimai itu boleh mengajukan buku puisi, cerpen ataupun novel, dan lain sebagainya untuk syarat kenaikan pangkat.





BAGAIMANA MENGUBAH LAPORAN PENELITIAN MENJADI BUKU BER-ISBN


SISITEMATIAK PTK

BAB I PENDAHULUAN
BAB 11 KAJIAN TEORI
BAB 111 METODE PENELITIAN
BAB IV HASIL PENELITIAN
BAB V PENUTUP

SISTEMATIKA BUKU

BAB I PENDAHULUAN (DITULIS DARI BAB I DAN II)
   A. Latar belakang masalah
   B. Tinjauan pustaka
   C. Kerangka Teori
  1. Teori A
  2. Teori B
BAB II PENDEKATAN KAJIAN (DITUKIS DARI BAB III LAP PENELITIAN)
   A. Lokasi Penelitian
   B. Subjek dan Informasi Penelitian
   C. Pendekatan kajian
   D. Tehkhnik Analisa Data

BAB III GAMBARAN UMUM SISWA KELAS II TEKNIK KONSTTRUKSI BANGUNAN SMK 7 SEAMRANG (DARI BAB IV)
   A.Kondisi Sosial ekonomi siswa
   B. Prestasi Akademi siswa
   C. prestasi non Akademi siswa

BAB IV PENGGUNAAN CD INTERAKTIF DAN PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR AUTOCARD (DARI BAB IV)
   A. Hasil Siklus 1 dan Aaanalisa
   B. Hasil Siklus II dan Analisa

BAB V PENUTUP
Uraian simpulan dan saran


Komentar

  1. Kereen. Banget...
    Lengkap,menarik dan informatif

    BalasHapus
  2. Wow... keren...resumenya lengkap sekali Bu...Top markotop...

    BalasHapus
  3. Top bgt resumenya Bu Sekjen yang cekatan

    BalasHapus
  4. Mari kita beri aplus... Resume yang lengkap ini... Semangat buku solonya...

    BalasHapus
  5. Bu Ovi punya gaya menulis tersendiri, lengkap tulisannya dan mudah dipelajari. Ibnu Muslim

    BalasHapus
  6. sangat menarik dan memotivasi resumenya bun

    BalasHapus
  7. Lengkap informatif super mbak Ovi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Membuatku Naik Kelas dan Berprestasi

Selamat Jalan Eril ( Sang Calon Pemimpin Masa Depan itu lebih dulu pulang )

Mengelola Majalah Sekolah