Bertambah Ilmu Dengan Pelatihan Blog Dasar.





 "Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri." (JK Rowling)

Enam bulan yang lalu Karena alasan mengikuti pelatihan belajar menulis PGRI, saya membuat akun blog, utak-atik secara otodidak dengan menggunakan link blogger.com,  maka berhasillah saya membuat akun blog. Sejak saat itu akhirnya saya belajar menulis dan mengisi tulisan dengan hasil resume dari materi kelas belajar menulis PGRI gagasan omjay di gelombang 24. Di gelombang 25 saya kembali menggabungkan diri pada pelatihan kelas menulis tersebut, tetiba saya membaca sebuah tulisan Pak Brian yang menginformasikan bahwa beliau mengadakan pelatihan blog dasar. Teringat akan eksistensi blog saya yang jauh dari sempurna, disamping saya belum faham dan tidak menguasai berbagai kegunaan fitur di dalam akun blog, saya juga masih pemula. Tanpa pikir panjang saya bergabung dengan link Grop pelatihan blog yang dikirimkan pak Brian via japri. 

Oiya pelatihan ini berlangsung selama Tiga hari, dimulai hari Sabtu dan akan berakhir pada hari Senin. 

Pada hari Sabtu materi Pertama dimulai oleh bapak narasumber yang memiliki nama lengkap  Raimundus Brian Prasetyawan.  Biasa dipanggil Brian. belaiu adalah Guru di SDN Sumur Batu 01 Pagi. Narasumber merupakan seorang guru yang sangat kreatif dengan banyak hasil karya menulis, dengan menulis beliau sering diundang menjadi narasumber dari kegiatan-kegiatan  regional, Nasional dan internasional. Beliau Menulis blog sejak 2009 di www.praszetyawan.com

Narasumber juga seorang pengurus di pelatihan belajar menulis PGRI. 

Membaca nama lengkap Pak Brian saya teringat saat saya membuat resume kelas menulis gelombang 24 pada materi yang dibawakan oleh pak Brian, saat itu saya menuliskan nama pak Raimundus Brian prasetyawan. Dengan menggunakan huruf e pada nama Reimundus yang semestinya adalah Raimundus, tentu aja saya dikomentari pak Brian karena memang selama menjadi peserta kelas menulis gelombang 24 saya sering meminta pendapat beliau untuk mengomentari tentang tulisan saya.

Pada materi perdana pelatihan blog dasar kami mendapatkan materi berupa modul,  di dalam modul tersebut dijelaskan tentang :

1 Pengertian Blog

2 Bagian-bagian blog

3 Cara membuat blog

4 Cara menulis di blog

5 Mengenal tools/fitur pada halaman menulis

6 Cara mengedit Tulisan setelah diposting

7 Cara share postingan blog ke medsos.

Membuka modul pelatihan blog dasar, isinya runut, lengkap dan mudah dipahami bagi para blogger pemula, namun diantara Tujuh point' materi, saya  fokus pada poin kelima yaitu mengenal tuts atau fitur pada halaman menulis. 

Saya akui sebagai blogger pemula Saya memang tidak terlalu banyak menggunakan fitur yang ada, karena memang belum paham. Namun setelah saya mulai  baca dan praktekkan secara otodidak ternyata fitur-fitur yang ada di blog  tidak jauh beda dengan fitur yang ada di komputer saat kita beraktivitas menulis di Microsoft word. Meskipun tentu saja sebagai pemula Saya merasakan sedikit terkendala menulis dengan menggunakan fitur tersebut karena mungkin fasilitas HP yang kurang mendukung.  Sehingga terkadang fitur-fitur tersebut tidak berfungsi  ketika saya menulis blog. Mungkin perangkat hp saya terlalu penuh .

Nah selain ilmu pengetahuan Saya semakin bertambah tentang blog, materi yang diberikan Pak Brian juga merupakan materi penting yang akan saya gunakan sebagai materi penyempurna naskah Buku Solo yang sedang saya tulis sebagai syarat lulus kelas belajar menulis PGRI. Dalam hati saya berucap Nah ini dia materi yang saya cari.


Akhirnya sambil menunggu materi hari ini saya cukupkan saja tulisan kali ini, bersambung pada tulisan tentang pelatihan blog dasar selanjutnya . Terima kasih. Penulis pemula Arofiah Afifi


Komentar

  1. Terima kasih Bu Ovi sudah membuat postingan ini.

    BalasHapus
  2. Mantap Bu Ovi
    Semangat nge-blog

    BalasHapus
  3. Sebuah permulaan yg baik akan menghasil proses dan hasil yang bai, selamat menulis semoga sukses

    BalasHapus
  4. Keren tulisannya baru pemula..tapi tulisannya luar biasa

    BalasHapus
  5. Hebat bunda, smg q bisa spt bunda

    BalasHapus
  6. Masya Allah ulasan blog yg luar biasa,semakin tajam setelah alumni

    BalasHapus
  7. Saya ingin seperti bu Ovi, bisa menulis di blog lebih cepat. Saya masih tertatih-tatuh nih... keren ...👍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Membuatku Naik Kelas dan Berprestasi

Selamat Jalan Eril ( Sang Calon Pemimpin Masa Depan itu lebih dulu pulang )

Mengelola Majalah Sekolah