Pelatihan Blog Bersama Pak Brian, Asik dan Menyenangkan.


  

Aktivitas saya pada hari ini adalah, mengikuti pelatihan blog dasar, yang sangat cocok untuk bloger pemula. Beberapa hari yang lalu saya melihat postingan Pak Brian pada sebuah Grop, memberikan informasi tentang pelatihan blog yang beliau adakan. Tanpa pikir panjang  saya langsung minta bergabung dalam grup pelatihan tersebut.

Saya memulai menjadi penulis blogger kurang lebih sekitar 6 bulan yang lalu, karena mengikuti kelas belajar menulis. Kelas menulis tersebut mewajibkan peserta memiliki blog dan menulis di blog. Secara praktek sebagai pemula Saya sedikit memahami fitur-fitur dan penggunaan blog dasar seperti menulis judul, menulis konten, share link akan tetapi saya tidak memahami secara teori sehingga selama kelas belajar menulis berlangsung ketika banyak teman-teman bertanya tentang blog kepada saya, Saya tidak mampu memberikan penjelasan dengan rinci. Selain memang  pemahaman blog saya terbatas. Rasanya adalah sebuah kesempatan baik ketika ada pelatihan blog karna dengan demikian saya akan lebih memahami blog dengan lebih baik. 

Pelatihan dimulai dengan penyampaian materi  berupa modul dan diskusi via wa,  pada hari Sabtu, tanggal 23 April 2022. 

Materi dibawakan oleh bapak narasumber yang memiliki nama lengkap  Raimundus Brian Prasetyawan.  Biasa dipanggil pak Brian. belaiu adalah Guru di SDN Sumur Batu 01 Pagi. Narasumber merupakan seorang guru yang sangat kreatif dengan banyak hasil karya menulis, dengan menulis beliau sering diundang menjadi narasumber dari kegiatan-kegiatan  regional, Nasional dan internasional. Beliau Menulis blog sejak 2009 di www.praszetyawan.com

Narasumber juga seorang pengurus, admin dan narasumber di pelatihan belajar menulis PGRI yang saat ini memasuki gelombang ke 25.

Pada materi perdana pelatihan blog dasar kami mendapatkan materi berupa modul,  di dalam modul tersebut dijelaskan tentang :

1 Pengertian Blog

2 Bagian-bagian blog

3 Cara membuat blog

4 Cara menulis di blog

5 Mengenal tools/fitur pada halaman menulis

6 Cara mengedit Tulisan setelah diposting

7 Cara share postingan blog ke medsos.

Membuka modul pelatihan blog dasar, isinya runut, lengkap dan mudah dipahami bagi para blogger pemula, 

Dilanjutkan hari ini praktek  melalui zoom. Perlu diketahui bahwa saya tipikal  visual -kinestetik dalam belajar , sehingga kalo saya mempelajari sesuatu tidak mudah faham dengan mendengar namun harus melihat dan bergerak alias praktek. Nah melalui zoom inilah saya lebih memahami banyak nama fitur dan aktivitas blog, yang sebelumnya saya masih kesulitan. Pak Brian mengajak kami praktek langsung bagaimana cara membuat akun blog, menulis di blog,  shar tulisan, mengubah  tema dan lain sebagainya. Pelatihan tadi berlangsung dua jam, meskipun waktu Dua jam tidak lah cukup untuk kami belajar namun kami telahendapat banyak ilmu. Dan pelatihan masih akan berlangsung esok hari. 

Saran saya bagi bloger pemula dan ingin memahami blog secara jelas silahkan hubungi Bapak Brian Prasetyawan. Untuk bergabung  pada pelatihan Blog dasar angkatan selanjutnya .


Komentar

  1. Luar biasa, semoga ilmunya pak Brian pindah ke kita semua sehingga kita semua bisa jadi penulis hebat spt pak Brian

    BalasHapus
  2. Luar biasa..ya bener bnget smoga ilmunya pk brian bisa tertular di kita semua Aamiin

    BalasHapus
  3. Salam kenal bu..kita samaan pelatihan d gruop kelas dasar blog 4

    BalasHapus
  4. Terima kasih Bu Ovi sudah membuat tulisan ini. Tulisannya sudah sesuai dengan tema. Semoga semangat terus ngeblognya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Membuatku Naik Kelas dan Berprestasi

Selamat Jalan Eril ( Sang Calon Pemimpin Masa Depan itu lebih dulu pulang )

Mengelola Majalah Sekolah