Awal Tahun Sebagai Awal Langkah




Satu tahun belakangan, telah memberi warna yang lain dalam hidupku.
Mewarnai hari-hari dengan karya sederhana, menulis berbagai artikel yang memenuhi branda brangkas digital, yang dikenal sebagai blog.
Aktivitas baru tersebut, membuahkan hasil, berupa buku solo dan beberapa buku antologi. Sebuah awal yang baik, bagi seorang penulis pemula. Setidaknya dalam 1 tahun belakang, saya berusaha memberikan manfaat kepada diri sendiri.
Ada sisi positif. Banyak ilmu yang didapati. Menjadi awal  langkah yang baik dalalm  meniti proses menjadi seorang penulis. Namun tidak dipungkiri, ada target lain yang harus dikesampingkan, karena keterbatasan kemampuan dan fisik. 

Tahun 2022 telah berlalu dan tahun 2023 memasuki pintu gerbang. Pada tahun 2023 ini menjadi awal langkah diri menjadi lebih baik. Jika tahun kemarin menajdi tahun literasi yang berfokus pada menulis blog dan buku, maka tahun ini menjadi awal langkah perbaikan diri secara fisik dan ruhiyah. 

Tidak menulis setiap hari, bukan berarti hal yang buruk, karena diri yang memiliki keterbatasan ini harus membagi fokus. Jika tahun lalu mampu menulis setiap hari namun melalaikan dan mengesampingkan program mengaji, maka biarlah tahun ini kembali aku rintis program ruhiyah yang sempat tertunda.

Awal tahun 2023, menjadi awal langkah,  aku ingin memperbaiki hubungan vertikal,  Hablum minAllah. Yaitu mengaji setiap hari. One day one juz.  
Bagi kebnyakan orang yang terbiasa. Program 1 hari 1 juz bukan hal yang berat, tapi bagiku butuh komitmen, pembiasan dan paksaan. untuk mengawali program ini, Selain itu dibutuhkan kesungguhan dan fokus serta niat yang lurus. 

Lantas apakah dengan adanya program Ruhiyan dan spiritual ini akan menghentikan aktivitas menulis ? Tentu saja In sya Allah tidak. Hanya saja intensitas akan saya kurangi, misal menulis blog seminggu 2 atau  3 artikel saja, cukup. Yang penting sebiasan menulis jalan dan kebiasaan mengaji tidak lagi tertunda lagi. 

Hemm... tulisan ini tidak bermaksud menyatakan diri ini lebih baik dan lebih lurus ya, justru karna aku merasa hati dan ruh ini berantakan makan tahun ini harus menjadi lebih baik, dan mengawali hidup dengan program yang baik.
Mohon doanya ya para pembaca. Semoga awal tahun 2023 menjadi Awal Langkah yang baik menghantarkan aku pada cita dan harapan 



Komentar

  1. Semangat Bu Ovi.. one day one juz..insyaAlkah Alkah akn mudahkan urusan yg lain.. krn ht kita akan mrsa lbih tenang . Saat hati tenang makabanyak hal pisitif yg bisa kt lakukan..💪🏻💪🏻😊👍🏻

    BalasHapus
  2. Semoga terwujud cita-cita di tahun 2023. Aamiin.

    BalasHapus
  3. Masya Allah.. semoga kita istiqomah..

    BalasHapus
  4. Barokalloh... Alloh kan meridhoinya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Membuatku Naik Kelas dan Berprestasi

Selamat Jalan Eril ( Sang Calon Pemimpin Masa Depan itu lebih dulu pulang )

Mengelola Majalah Sekolah