Kesehatan Mata Untuk Penulis.

 



Dalam dua bulan ini, aktivitas menulis saya, mengalami peningkatan, atau malah penurunan entahlah.

Satu sisi meningkat level, dari seorang penulis blog, menerima tantangan menjadi kurator antologi, dan menerima pesanan merapikan  draf buku solo beberapa peserta Kelas belajar menulis.

Namun di sisi lain, semakin mengurangi intensitas dalam menulis blog. Menurunnya  intensitas menulis blog pribadi, membuat saya jadi agak berat dalam  menggali ide menulis. Inilah mungkin yang menjadi sebab bergugurannya para penulis. Sebulan dua bulan absen menulis, dan akhirnya bablas. 

Selain rasa malas, kebuntuan ide dan alasan kesibukan,  juga ada satu alasan yang membuat saya tidak bisa lagi intens menulis blog, yaitu gangguan kesehatan mata.

Terlalu sering menulis dan membaca draf buku melalui layar hp, membuat mata saya sering lelah dan berbayang. Kelelahan mata inilah yang membuat saya tumbang. Bukan hanya menulis blog, draf naskah solo dan antologi, yang sedang saya pegang saat ini, juga ikut tertunda. Hal demikian tentu tidak boleh dibiarkan berlarut. 

Dengan kondisi ini, menyadarkan bahwa pentingnya menjaga kesehatan mata terlebih bagi penulis. Lantas apa solusinya ? 

Langgakah yang saya ambil adalah:

1. Mengurangi penggunaan hp, kecuali untuk kebutuhan komunikasi dan tanggung jawab dan mengedit buku.

2. Penggunaan kaca mata ( sebenarnya satu tahun terakhir ini saya menggunakan kaca mata lepas pakai ) 

3. Menggunakan obat mata air rendaman daun telang, untuk mengatasi mata perih dan merah.

4. Mengkinsumsi makanan penyehat mata seperti wortel.

Semoga dengan penanganan dan solusi mandiri ini, kesehatan  mata saya kembali, sehingga aktivitas dan lain sebagainya akan kembali lancar.Penutup kalimat artikel ini adalah

 “ ingat masa sehatmu sebelum masa sakitmu. Jagalah kesehatan mata anda dengan baik, karna ketika mata ini bermasalah, akan sangat mengganggu aktivitas.

Cukup dulu yaaa tulisannya, mata sudah pedes hehe.

Komentar

  1. Baca tulisan enak di laptop. Sama-sama radiasi, tetapi di laptop layar lebih lega. Mata tidak cepat lelah. Selamat atas pencapaian yang diraih.

    BalasHapus
  2. ingat masa sehatmu sebelum masa sakitmu. Jagalah kesehatan mata anda dengan baik, karna ketika mata ini bermasalah, akan sangat mengganggu aktivitas. Setuju.

    BalasHapus
  3. Sehat-sehat Bu Ovi. Betul membaca lewat HP lebih cepat membuat mata lelah

    BalasHapus
  4. Setuju sekali.. mata terlalu berharga untuk diabaikan perawatannya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Membuatku Naik Kelas dan Berprestasi

Selamat Jalan Eril ( Sang Calon Pemimpin Masa Depan itu lebih dulu pulang )

Mengelola Majalah Sekolah