Buku




 Pepatah arab mengatakan “Sebaik-baik teman duduk setiap waktu adalah buku”

Buku sangat bermanfaat untuk manusia, buku menjadi alat untuk melihat dunia, dan buku akan memberikan kebahagiaan bagi manusia yang mau berteman dengannya.

Al Jahizh seorang cendikiawan Arab, merangkai sebuah ungkapan indah untuk menggambarkan tentang buku, ia berkata “Buku adalah teman duduk yang tidak akan memujimu dengan berlebihan, sahabat yang tidak akan menipumu, dan teman yang tidak membuatmu bosan. Dia adalah teman yang sangat toleran yang tidak akan mengusirmu. Dia adalah tetangga yang tidak akan menyakitimu. Dia adalah teman yang tidak akan memaksamu mengeluarkan apa yang kamu miliki. Dia tidak akan memperlakukanmu dengan tipu daya, tidak akan menipumu dengan kemunafikan, dan tidak akan membuat kebohongan”.

Berbicara tentang buku, maka berbicara juga tentang wahyu pertama yang turun kepada Rosul, yaitu wahyu tentang membaca.

Buku dan baca adalah dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Kata mutiara di atas yang menyatakan bahwa, buku sebagai teman duduk akan berlaku jika pemilik buku membacanya. Maka ingatlah, bagi kita yang punya banyak buku mari kita mencicil membaca buku, sehingga kita bisa mendapatkan kebermanfaatan buku dengan maksimal.

Setelah kemarin kita euforia dengan hari buku, semoga esok dan seterusnya, semangat dan gairah membaca buku tetap nersemayan di dalam dada. Selamat membaca buku.


Komentar

  1. Mari membaca buku agar kita tahu dunia...

    BalasHapus
  2. Buku dan membaca adalah dua sisi yang tidak terpisahkan. Setuju. Sudahkah kita baca buku hari ini?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Membuatku Naik Kelas dan Berprestasi

Selamat Jalan Eril ( Sang Calon Pemimpin Masa Depan itu lebih dulu pulang )

Mengelola Majalah Sekolah