Manusia sebagai Khalifah fil Ardi

 

Sumber gambar begini.blogspot.com

Pendidikan Keluarga Pondasi Utama Hantarkan Manusia sebagai Khalifah fil Ardi,

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi.” Mereka berkata, “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?” Allah berfirman, “Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” ( Q.S Al Baqoroh. 30).

Tujuan utama Allah menciptakan manusia adalah, diberi amanah sebagai khalifah di muka bumi. Setiap manusia yang lahir Allah bekali potensi. Potensi ini merupakan modal utama manusia untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai khalifah fil Ardi. Potensi-potensi ini tidak akan terwujud tanpa adanya pendidikan, artinya melalui pendidikan, terlebih berawal dari dalam keluarga, maka potensi yang dimiliki manusia bisa berkembang. Sehingga ia mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai khalifah. 

Oleh karena itu keluarga, yaitu orang tua merupakan pendidik pertama dan utama bagi anak mereka, orang tua bertanggung jawab untuk mengarahkan, membina dan mengembangkan potensi yang dimiliki anak. Melalui pendidikan itulah, anak akan bertumbuh dan memahami, tujuan penciptaan dan fungsinya sebagai manusia yaitu sebagai kholifah, sebagai abid ( hamba ) dan sebagai rahmatan lil alamin.

“ Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyaat: 56).

 Orang tua harus berupaya semaksimal mungkin memberikan pendidikan kepada anaknya ini tidak hanya berbatas pada aspek keimanan namun meliputi aspek yang lain seperti pendidikan intelektual, hal ini berarti antara iman dan ilmu tidak terdapat pertentangan bahkan saling melengkapi dan menyempurnakan. Betapa penting dan berat tanggung jawab orang tua dalam hal memberikan pendidikan terhadap anak-anaknya.

Kedua orang tua harus saling bekerja sama, tidak menyerahkan hanya kepada ayah atau ibunya saja dalam hal pendidikan, pengawasan, pengasuhan. Agar tercipta keselarasan, dibutuhkan pemahaman, visi misi yang sama.

Bersambung


Komentar

  1. Betul bu ovi...tidak hnya ayah atau ibu sja.. nmun keduanyalah yg wajib mmberikn pndidikn...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Membuatku Naik Kelas dan Berprestasi

Selamat Jalan Eril ( Sang Calon Pemimpin Masa Depan itu lebih dulu pulang )

Mengelola Majalah Sekolah