Tips Mendidik Anak Era Digital




Anak era digital adalah anak yang lahir di mana aktivitas dari bangun tidur sampai lagi dikelilingi dengan aktivitas digitalisasl. Bahkan pada saat diperut Ibunya pun, ibunya juga sudah mulai menggunakan alat-alat digital seperti handphone. Sehingga apa yang dilakukan oleh Ibu hamil bisa terekam oleh janin di dalam perut Ibunya. Hal ini akan memberikan pengaruh dan dampak yang cukup signifikan bagi perkembangan anak. Baik pengaruh positif terlebih lagi pengaruh negatif. Lintas bagaimana orang tua mengambil langkah yang baik dalam memberikan pendidikan anak-anak?

Dr, Aisah Dahla memberikan tips dan  cara didik orang tua bijak untuk anak generasi digital  menurut   yaitu:u

1. Langkan waktunya untuk mendengar dan belajar bersama anaknya.

2. Temukan potensi dan keunikan pribadi masing-masing anak.Dan hargailah.

3 Berani mengakui kesalaha dan selalu mengajarkan anak untuk mengambil hikmah dan pelajaran dari kesalahan yang mereka lakukan. 

4. Terus belajar dan menyesuaikan atau mengaktualisasikan diri untuk menjadi orang tua yang baik.

Lantas bagaimana cara agar  bisa menjadi orang tua bijak dalam mendidik anak?

  1. Pahami perbedaan anak laki-laki dan perempuan, anak perempuan perkembangan otak kiri kanannya seimbang, sementara untuk anak laki-laki perkembangan otaknya cenderung dominan otak kanan.
  2. Bisa memahami  ciri khas generasi anak. Pada generasi ini teknologi sudah semakin canggih oleh karena itu orang tua harus bisa menyesuaikan dan memahami anak.
  3. Pahami bahasa kasih anak, ketika berbahasa atau berbicara dengan anak, orang tua sebaiknya menggunakan kata-kata yang lebih halus, sehingga anak akan menirukan kata- kata yang halus juga.
  4. Pahami perbedaan watak anak-anak, setiap anak memiliki watak yang berbeda-beda oleh karena itu pentingnya orang tua bisa memahami watak anak.
  5.  Setiap anak memiliki cara dan karakteristik tersendiri dalam belajar, ada yang suka belajar sambil mendengarkan musik, ada yang suka belajar dalam sunyi, 
  6. Orang tua dapat menemani anaknya dalam belajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Membuatku Naik Kelas dan Berprestasi

Selamat Jalan Eril ( Sang Calon Pemimpin Masa Depan itu lebih dulu pulang )

Mengelola Majalah Sekolah